Home » » Komputer Apple I Diluncurkan Perdana?

Komputer Apple I Diluncurkan Perdana?

Sejarah Pada Tanggal 1 April 1976 merupakan tanggal istimewa bagi para peminat teknologi, terutama pecinta produk Apple. Mengapa? Pada tahun 1976, dua pria telah berhasil merancang sebuah teknologi komputer yang akan membuat nama mereka dikenang sepanjang masa dalam buku sejarah.

Siapakah kedua tokoh tersebut? adalah Steve Jobs dan Steve Wozniak.

Siapakah Steve Jobs?
Steve Jobs Dilahirkan di San Fransisco dari seorang ibu bernama Joanne Simpson dan ayahnya Abdul fattah Jandali yang merupakan mahasiswa tamu dari Syria (Suriah) yang kemudian menjadi profesor ilmu politik. Sejak bayi Steve Jobs diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs dari Mountain View,Santa Clara County California.
biografi+steve+jobs

Paul dan Clara Jobs inilah yang memberikan nama Steven Jobs. Sementara Orang tua biologis Steve Jobs kelak menikah dan memberinya adik perempuan bernama Mona Simpson yang kini terkenal sebagai sebagai novelis.

Steve Jobs melewati masa-masa Sekolah Menengah Pertma dan Menengah Atas di Curpetino, Califonia, seringkali setelah jam sekolah mengajar di Hewlett Packard Company di Palo Alto, California.

Dari sinilah Steve Jobs mengenal Steve Wozniak dan kemudian menjadi rekan seperjuangan menciptakan Teknologi komputer pertama Apple yang dikenal dengan nama Apple I.

Pada tahun 1972, Jobs lulus dari SMA Homestead di Cupertino, California dan diterima di Reed College di Portland, Oregon, tapi dikeluarkan/ drop out setelah satu semester. Tapi ia segera mendaftar ke Reed College dan belajar tentang Kaligrafi.

Di musim gugur tahun 1974, Jobs kembali ke California dan mulai menghadiri pertemuan "Homebrew Computer Club" dengan Steve Wozniak. Dia dan Wozniak bersama bekerja di Atari Inc., sebuah perusahaan pembuat permainan komputer yang terkenal, dengan jabatan sebagai perancang permainannya. Motivasinya saat itu adalah mengumpulkan uang untuk melakukan perjalanan spiritual ke India.

Steve Jobs kemudian melakukan perjalanan pencerahan spritual ke India bersama temannya di Reed College, Daniel Kottke, yang kemudian hari menjadi pegawai Apple yang pertama. Kembali dari India dia menjadi Buddhist dengan rambut dicukur/gundul dan mengenakan pakaian tradisional India (biksu?). Selama masa ini ia mempraktekkan psychedelics (semacam meditasi, saat itu Jobs sering dianggap aneh, karena berjalan telanjang kaki di atas Salju- ini semacam meditasi kesadaran). Ini adalah dua atau tiga hal yang paling penting dalam hidup yang pernah ia lakukan dalam hidupnya.

Siapakah Steve Wozniak?
Bernama Stephen Wozniak lahir di San Jose, California, Amerika Serikat, 11 Agustus 1950. Ia juga dianggap sebagai pelopor dari masuknya komputer ke dalam kehidupan rumah pribadi melalui produk Apple miliknya. Ia dikenal sebagai Pendiri perusahaan Apple Computer bersama Steve Jobs. Walaupun kontribusinya hanya dalam bentuk kumpulan ide-ide jitu yang secara tidak sengaja bersamaan dengan siapnya teknologi untuk pembuatan komputer massal, kecerdasan dan kreatifitasnya yang tak terbatas membuat dia menjadi orang yang tepat untuk diakui sebagai pemrakarsa revolusi komputer pribadi.
biografi+steve+wozniak

Sebelum Steve Wozniak bersama Steve Jobs mendirikan Apple, Steve Wozniak adalah seorang hacker. Kepandaian Steve Wozniak ini memang terlihat sejak dia masih kecil yang sangat gemar mengutak atik aljabar dan algoritma matematika. Kemampuan Steve Wozniak ini tentunya sangat berarti dalam mendongkrak hidupnya karena baik Steve Wozniak maupun Steve Jobs semasa SMA-nya tergolong orang orang dengan ekonomi menengah ke bawah.

Pada tahun 1975, Steve Wozniak bekerja di Hewlett-Packard dan membantu teman-Nya Steve Jobs mendesain video game untuk Atari. Dari keuntungan yang diperoleh, mereka menggunakannya untuk membeli sebuah computer yang sangat sederhana, salah satu produk dari Call Computer pimpinan Alex Kamradt untuk dipelajari mekanismenya. Setelah melihat wacana mengenai membangun terminal computer sendiri pada suatu majalah berjudul Popular Electronics terbitan tahun 1975, double steve tersebut merakit sendiri komputer dengan spare part yang ada. Computer Conversor yang dirakit tersebut terdiri dari 24 baris dan 40 kolom, hanya menggunakan huruf capital, menggunakan monitor berupa video teletype dan dapat terhubung dengan Call Computer. Alex Kamradt menanggapi positif hal ini dan bekerja sama dengan Steve Wozniak untuk menjual produk jadinya melalui firma dagang yang dimiliki Kamradt.

Pada tahun 1975, Wozniak mulai menghadiri pertemuan di Homebrew Computer Club. Pada pertemuan tersebut Microcomputers baru seperti Altair 8800 dan IMSAI menginspirasinya untuk menggunakan mikroprosesor ke dalam video teletype dan lengkaplah computer yang ia rancang. Pada saat itu hanya tersedia microcomputer CPU Intel 8080 senilai US $ 179 dan Motorola 6800 yang dibandrol US $ 170. Saat itu Wozniak berniat bekerja sama dengan Motorola, namun saat itu masih belum menemukan kata sepakat karena range harga yang diminta baik Intel maupun Motorola saat itu jauh dari range budget mereka. Namun Wozniak tak menyerah. Ia melihat, mempelajari dan mendesain skema computer pada kertas. Dalam benaknya, membuat CPU hanyalah tinggal menunggu hari saja.
Nama Steve Jobs tentunya tidak asing lagi kuping kita. Pria yang dianggap genius ini pertama kali menciptakan teknologi di garasi rumahnya bersama temannya, Wozniak. Saat itu usia Steve masih 21 tahun dan Wozniak 26 tahun.

Lahirnya Apple I

Steve Jobs and Wozniak Dengan gigih berhasil membuat komputer pertama Apple. Komputer yang mereka namakan ‘Apple I’ itu merupakan satu diantara 50 unit lainnya yang mereka buat atas pesanan pembeli. Pada saat yang bersamaan Jobs dan Wozniak juga sepakat untuk mendirikan perusahaan Apple Computer Co.
komputer+apple+i+diluncurkan+perdana

Melalui perusahaan yang mereka bangun, keduanya menjual 50 unit produk paling utama buatan Apple. Komputer itu dijual tanpa casing, layar gambar, batterai ataupun papan keyboard.

Jobs dan Wozniak membentuk Apple komputer dan membangun mesin pertama mereka, Apple I. Komputer itu awalnya dijual tanpa kasus, layar, power supply atau keyboard.

Hal ini sempat membuat pembeli kecewa karena desainnya dinilai kurang menarik. Namun, Jobs berhasil membujuk mereka untuk menerima sesuai order-an.

Harga Apple I pada saat itu hanya 666,66 dollar AS atau Rp 8,794,918 apabila dihitung dengan nilai tukar yang sekarang.

Kini harganya meroket menjadi 633,000 dollar AS atau, Rp 8,4 M. Itu hanya satu dari 6 unit lainnya yang hingga kina masih dapat digunakan. Sisanya diperebutkan para pecinta teknologi melalui pelelangan.

Sumber Tulisan:
  1. Liputan6
  2. Biografi Steve Jobs
  3. Biografi Steve Wozniak

0 comments:

Post a Comment

Comment

Random Post